Ibu Kota Baru Untuk Indonesia Makin Baik

Tahukah kalian jika Ibu Kota Negara Indonesia direncanakan akan dipindah?
Lantas kemana dan kenapa?

Beberapa waktu terakhir berbagai media masa di Indonesia ramai membicarakan terkait rencana pemidahan Ibu Kota Negara Indonesia. Pemerintah dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia telah merencanakan terkait pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta. Kabar terakhir, Presiden Indonesia Bapak Joko Widodo resmi memutuskan pemindahan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan tetapi lokasi tepatnya akan segera diumumkan oleh Bapak Presiden di bulan Agustus ini. Banyak spekulasi muncul terkait di provinsi Kalimantan mana Ibu Kota kan dipindah dan pendapat terbanyak adalah di provinsi Kalimantan Timur. 

Renacan pemindahan Ibu Kota  ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan pembangunan dan berbagai masalah yang dialami kota Jakarta saat ini sehingga menyebabkannya kurang layak untuk menjadi Ibu Kota Negara. Berbagai macam masalah yang dialami kota Jakarta saat ini meliputi:
  • Kota Jakarta rawan banjir
  • Kemacetan kota Jakarta
  • Sistem transportasi yang buruk
  • Penurunan permukaan tanah
  • Masalah polusi udara dan pencemaran lingkungan dalam hal ini penumpukan sampah dan pembuangan sampah sembarangan di sepanjang perairan dikota Jakarta.
  • Kerugian akibat kemacetan dan tidak efisiennya penggunaan bahan bakar yang ditahun 2017 mencapat Rp 6,5T.

Mengatasi Masalah Kesenjangan Pembangunan


Seperti yang kita ketahui dalam beberapa tahun yang lalu, pembangunan Indonesia sangat terfokus di Pulau Jawa khususnya di Kota Jakarta. Banyak sekali potret kesenjangan yang terjadi di Indonesia, salah satunya dapat kita lihat melalui infografis dibawah ini.
Sumber : https://ditjenpdt.kemendesa.go.id/view/detil/190/praktik-inovasi-picu-percepatan-pembangunan-di-daerah-tertinggal
Dari infografis diatas sangat terlihat jelas bahwa jumlah daerah tertinggal terjadi ketimpangan yang sangat signifikan antara di pulau Jawa dengan di pulau-pulau lainnya. Untuk mengurangi dan mengatasi masalah ini, pemindahan Ibu Kota menjadi salah satu solusi. Pemindahan Ibu Kota menggambarkan prinsip Nawacita yang digagas oleh Bapak Presiden.

Mengatasi Masalah Persebaran Penduduk




Masalah perseberan penduduk erat kaitannya dengan masalah kesenjangan pembangunan. Logikanya penduduk akan memilih untuk tinggal di deerah yang pembangunannya maju dan banyak lapangan pekerjaannya, sehingga hal ini menyebabkan banyaknya urbanisasi dan transamigrasi penduduk yang tujuannya adalah kota Jakarta. Potret urbanisasi hampir tiap tahun penulis saksikan sendiri terutama ketika lebaran. Masyarakat dari berbagai daerah di Jawa biasanya memanfaatkan momen arus balik lebaran untuk mengadu nasib di Jakarta. Banyaknya tingkat urbanisasi juga didorong oleh ajakan kerabat atau teman yang sukses mengadu nasib di Jakarta.

Mengatasi Masalah Lingkungan Akibat Usaha Pertambangan di Kalimantan


Seperti yanng kita tahu bahwa di pulau Borneo (istilah untuk pulau Kalimantan) sangat banyak sekali praktik-praktik pertambangan yang dilakukan oleh berbagai perusahaan yang bergerak dibidang tersebut. Salah satunya adalah pertambangan batu bara. Manfaat yang diberikan dari hasil batu bara tersebut memang banyak salah satunya adalah untuk bahan bakar PLTU (Pembangkit Listrik Tanaga Uap). Namun, disatu sisi dampak kerusakan lingkungan akibat praktik pertambangan ini juga sangat mengkhawatirkan ibarat pisau bermata dua. Dampak nyata kerusakan lingkungan yang terjadi yaitu pencemaran lingkungan dan parit hasil pertambangan yang tidak ditutup lagi dan dibiarkan begitu saja oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Sumber : http://www.satuharapan.com

Olehkarena itu, dengan pindahnya Ibu Kota Indonesia ke pulau Kalimantan saya berharap Pemerintah dapat lebih memperhatikan berbagai masalah pertambangan tersebut. Selain itu saya berharap Pemerintah mampu mencegah, mempertegas, dan mengatasi malasah tersebut.

Mempunyai Blueprint yang Jelas terkait Tata Ruang Ibu Kota Baru


Sumber: okezone.com

Kemacetan, keruwetan, dan ketidak jelasan pengaturan tata ruang kota Jakarta seharusnya dapat menjadi pelajaran bagi Pemerintah yang nantinya akan pindah ke Ibu Kota baru. Dalam membangun calon Ibu Kota baru Pemerintah harus punya blueprint/rencana yang jelas terkait wilayah mana yang dijadikan pusat Pemerintahan, pemukiman, perkantoran, industri, dan lain-lain. Setelah ada rencana yang jelas Pemerintah juga harus konsisten dan jangan sampai kejadian kota Jakarta terjadi lagi.

Memiliki Pengelolaan Sampah yang Baik


Sumber: metropolitan.id

Masalah sampah yang terjadi di Jakarta juha harus menjadi cermin bagi Pemerintah untuk memikirkan cara pengelolaan sampah di Ibu Kota baru. Sistem pengelolaan sampah yang baik diharapkan mampu menjaga kelestarian lingkungan, mencegah banjir, dan kesehatan udara di kota tersebut.

Memiliki Sistem Transportasi Umum yang Baik


Sumber: republika.co.id

Kemacetan sangat identik dengan jumlah kendaraan pribadi yang digunakan masyarakat di kota tersebut. Seperti contoh di Jakarta, tingkat kemacetan sangat tinggi sekali sedangkan Pemerintah baru dalam beberapa tahun ini sangat gencar mewajibkan penggunaan transportasi umum. Berkaca dari hal tersebut, di Ibu Kota baru Pemerintah harus merencanakan sejak dini terkait sistem transportasi umum yang dapat digunakan. Sistem yang digunakan harus baik dan dipastikan mampu mencegah kemacetan.

Jangan Sampai Budaya Asli Ibu Kota Baru Tersingkir


Sumber: perpustakaan.id

Pindahnya suatu Ibu Kota pasti akan menyita perhatian berbagai kalangan. Seiring berjalannya waktu antusiasme ini pasti akan diikuti dengan perpindahan penduduk ke Ibu Kota tersebut. Semakin banyak penduduk yang pindah pasti akan menyebebkan terjadi keanekaragaman budaya di kota tersebut seperti halnya Jakarta. Oleh karena itu, Pemerintah harus memperhatikan terkait budaya asli Ibu Kota baru dan jangan sampai terseingkir karena tercampurnya berbagai budaya di kota tersebut.

Demikian adalah beberapa harapan saya untuk Pemerintah dan Ibu Kota baru Indonesia. Saya berharap Pemerintah dalam hal ini Bappenas mampu merencanakan dengan baik terkait pindahnya Ibu Kota dan bukan hanya sekedar pemborosan APBN dan hanya pemenuhan proyek saja.

#Ibu Kota Baru Untuk Indonesia Makin Baik
#Bappenas
#IbuKotaBaru
Ibu Kota Baru Untuk Indonesia Makin Baik Ibu Kota Baru Untuk Indonesia Makin Baik Reviewed by Si Panjoel on Agustus 08, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.